Iklan

Erdogan Dikudeta oleh Militer?

Erdogan

Berita ini masih baru. Jadi belum jelas siapa yang akan menang. Kita doakan saja agar Turki aman dan damai. Mudah2an tidak sampai jatuh korban jiwa.

Dari berbagai berita seperti di BBC, New York Times, The Guardian, The Telegraph, dsb diberitakan bahwa sekelompok militer sudah mengambil alih TV dan mengumumkan pergantian kekuasaan. Dewan Perdamaian sekarang memerintah dan ada jam malam dan darurat militer.

Sementara Erdogan menyatakan bahwa dia akan mengatasi itu. Yang melakukan kudeta cuma kelompok kecil. Mereka akan dihukum berat, kata Erdogan.

Tentara menguasai titik-titik strategis di Istanbul dan jet-jet tempur terbang rendah di ibukota Turki, Ankara. Dilaporkan bahwa para jenderal senior termasuk panglima militer Turki, Jenderal Hulusi Akar, juga ditahan di markas militer.

PM Turki, Binali Yildirim menyatakan bahwa kudeta tsb dilakukan oleh sekelompok militer yang membangkang atasannya.

Dengan hancurnya negara2 tetangga seperti Suriah, Libya, dan Irak serta memburuknya hubungan Turki dengan Rusia membuat ekonomi Turki memburuk. Ekspor Turki ke Suriah, Libya, Irak, Suriah dan Rusia menurun. Ratusan trilyun rupiah hilang. Terhentinya kunjungan 4 juta wisatawan Rusia juga membuat potensi penerimaan puluhan trilyun rupiah hilang. Belum lagi 2,5 juta pengungsi Suriah yang menghabiskan uang puluhan trilyun rupiah untuk makan dan akomodasi mereka.

Ibarat tubuh manusia, rusaknya negara2 di sekeliling Turki membuat tangan dan kaki Turki juga lemah. Saling berhubungan.

Kabar terakhir:

Kudeta di Turki gagal. 17 polisi tewas ditembak helikopter militer.
Total sedikitnya 60 orang tewas.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: