Iklan

Syekh Al Azhar Dr Ahmad Tayyeb: Sunni dan Syi’ah Bersaudara!

Syekh Al Azhar Sunni dan Syi'ah Bersaudara

Pimpinan Syekh Al Azhar Mesir, Prof. Dr Ahmad Thayyeb menyatakan Sunni dan Syi’ah adalah bersaudara. Demikian pernyataan Syekh Ath-Thayyeb saat dimintai pandangannya oleh Dirjen Bimas Islam Machasin terkait permasalahan Sunny dan Syiah saat melakukan pertemuan di kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI), Jakarta, Senin (22/02). Hadir dalam kesempatan ini, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin serta sejumlah ulama dan tokoh cendekiawan muslim (Sumber website Depag).

Menurut Syekh Ahmad Thayyeb, Islam mempunyai definisi yang jelas. Yaitu, bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad utusan Allah, menegakkan salat, berpuasa, berzakat, dan beribadah haji bagi yang mampu. “Mereka yang melaksanakan lima hal pokok ini maka dia muslim. Kecuali mereka yang mendustakan,” tegasnya. Nah Syi’ah pun begitu meski sebagian ada yang menambahkan bid’ah “Ali Waliyullah”, itu sudah masalah Furu’. Lah di Sunni saja yang namanya Wali ada banyak seperti Wali Songo, Wali Allah, dsb. Kalau tambahannya Ali Rasulullah, nah itu baru sesat.

Grand Syekh menilai bahwa tidak ada masalah prinsip yang menyebabkan kaum Syiah keluar dari Islam. Bahkan, banyak ajaran Syiah yang dekat dengan pemahaman Sunny. Perbedaan antara Sunny dan Syiah dalam pandangan Syekh Thayyeb hanya pada masalah imamiah. “Syiah mengatakan imamiah bagian dari Ushuluddin, kita mengatakan sebagai masalah furu’,” terangnya.

“Kalau kita membaca kitab-kitab Syiah yang lama, mereka secara umum menghormati para sahabat,” tambahnya lagi.

Ulama Sunni dan Syi'ah Sholat Bareng

Syi’ah itu bukan Islam karena Kiblat dan Sholatnya beda, kata Khawarij Wahabi yang bahlul. Lah itu Ulama Syi’ah sholat bareng dgn Syekh Al Azhar. Kiblatnya sama kan? Kalau pun sholat dgn tangan lurus, Mazhab Maliki pun sholat dgn tangan lurus.

Syaikh al-Azhar Dr Ahmad Thayyib menjadi imam sholat dan lihat di belakang beliau, seorang ulama Syiah Sayyid Ali al-Amin menjadi makmum.

Syi’ah bukan Islam karena Kiblatnya beda, kata Wahabi yang jahil. Nah ini ada video Ahmadinejad sedang menunaikan ibadah Haji. Dia lagi thawaf keliling Ka’bah:

Tahun 2015 kemarin, Iran dapat jatah kuota Haji sebanyak 61.000 jemaah. Ini lebih banyak dari Malaysia yang cuma 23.000. Jumlah korban Haji tahun 2015 kemarin pun dari Iran. Jadi yang bilang Syi’ah Islam itu adalah orang2 yang benar-benar bodoh yang jarang baca berita kecuali dari Media Fitnah Wahabi.

Syeikh Al Azhar Dr Ahmad Thayyib sedang berkunjung ke Indonesia. Beliau adalah ulama Ahlus Sunnah Wal Jama’ah.

Nah kalau mau tahu Syi’ah itu Islam apa bukan, silahkan tanya beliau.

Beliau bisa menjelaskan macam2 Syi’ah dari yang kafir, sesat, mau pun yang lurus. Kucing saja bukan 1 macam bung. Ada kucing angora, kucing rumah, kucing hutan, dsb.

Kalau Wahabi kan cuma paham 1 jenis Syi’ah. Kafir semua. Soalnya baru belajar Islam. Dapetnya guru yang sesat. Jadi begitu ada Muslim Sunni yg bersahabat dgn Muslim Syi’ah yang lurus, dianggap sbg Syi’ah taqiyah atau pembela Syi’ah.

Syekh Al Azhar di MUI

Foto di atas menunjukkan Syekh Al Azhar Dr Ahmad Thayyeb menjelaskan bahwa Sunni dan Syi’ah itu bersaudara. Meski Sunni beda dengan Syi’ah dan Syi’ah beda dengan Sunni, tapi keduanya sama2 Islam. Ini sama halnya Maliki beda dgn Syafi’ie dan Syafi’ie beda dgn Maliki, tapi keduanya itu sama2 Sunni. Keduanya sama2 Islam. Perbedaan selama tidak keluar dari Islam, itu adalah Rahmat. Bagi Khawarij Wahabi, perbedaan adalah laknat. Sesat. Makanya Khawarij Wahabi suka menghina dan membunuh sesama Muslim.

Pada pertemuan tsb, utusan dari ANNAS dan MIUMI juga hadir. Tapi dari mereka tidak ada yang berani membantah pernyataan Syekh Al Azhar tsb. Jika berani, bisa jadi kebodohan mereka akan terungkap.

Cuma di belakang tetap saja mereka bilang bahwa kedatangan Syekh Al Azhar yang merupakan Ulama Ahlus Sunnah Wal Jama’ah ini sebagai permainan Syi’ah. Ulama dimainkan Syi’ah? Itulah pandangan kaum Khawarij yang tidak percaya akan ulama selaku Pewaris Nabi.

Baca ini biar tidak jahil seperti Wahabi:

GRAND LIST OF ENDORSEMENTS OF THE AMMAN MESSAGE AND ITS THREE POINTS
http://ammanmessage.com/index.php?option=com_content&task=view&id=17&Itemid=31

Link di atas merupakan Ijma Ulama yang mayoritas Ulama Sunni. Ada KH Hasyim Muzadi, KH Din Syamsuddin, Syekh Al Azhar, Syekh Al Buthi, Habib Umar bin Hafidz di antara 552 ulama Risalah Amman yang menyatakan Syi’ah Ja’fari dan Zaidi sebagai bagian dari Islam. Kalau Syi’ah Ismailiyyah yang tidak termasuk, nah itu baru kafir karena Ghulat.

Grand Syekh Al Azhar: Sunny dan Syiah Adalah Saudara

Jakarta (Pinmas) —- Grand Syekh Al Azhar Prof. Dr. Syekh Ahmad Muhammad Ahmad Ath-Thayyeb mengatakan bahwa umat Islam yang berakidah Ahlussunah bersaudara dengan umat Islam dari golongan Syiah.

“Sunny dan syiah adalah saudara,” terang Syekh Ath-Thayyeb saat dimintai pandangannya oleh Dirjen Bimas Islam Machasin terkait permasalahan Sunny dan Syiah saat melakukan pertemuan di kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI), Jakarta, Senin (22/02). Hadir dalam kesempatan ini, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin serta sejumlah ulama dan tokoh cendekiawan muslim.

Syekh Al Azhar mengunjungi presiden Jokowi di Istana Negara, Pesantren Gontor, dan juga UIN Syarif Hidayatullah.

http://www.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=334612

Satria Mahendra with Joserizal Jurnalis and 5 others.
Yesterday at 7:13am ·
Lihat foto ini. Syaikh al-Azhar menjadi imam sholat dan lihat di belakang beliau, seorang ulama Syiah Sayyid Ali al-Amin menjadi makmum. Apakah bisa dikatakan bahwa Syiah itu bukan muslim?

Foto2 kunjungan Syekh Al Azhar Dr Ahmad Thayyib ke Indonesia:

https://www.facebook.com/syaronisamfuriy/media_set?set=a.1679254305662335.1073741977.100007333444605&type=3

Lima Pesan Syekh Al-Azhar dari MUI Hingga Rekonsiliasi Suni-Syiah
Hentikan Konflik Suni-Syiah, Kalian Bersaudara
“Syiah beragam, namun mereka adalah saudara, mereka tetap Muslim, kita tidak bisa serta-merta menghakimi mereka keluar Islam hanya karena satu perkara. Memang terdapat sikap berlebihan, tidak di semua Syiah dan tidak semua ulama mereka demikian, ketika saya berdialog dengan sejumlah tokoh mereka ihwal mencaci maki sahabat dan Abu Bakar RA, Aisyah RA, dan Umar bin Khatab, ia mengatakan, ”Mereka bukan representasi kami.”

Jika Anda telaah buku-buku Syiah klasik, Anda tak akan menemukannya. Mungkin Anda temukan kecenderungan sebagian demikian, tetapi mayoritas Syiah menghormati sahabat Rasulullah SAW. Sebagian kecil ulama menganggap mencaci maki sahabat berarti keluar dari Islam, tetapi bagi kami Al-Azhar tidak. Cacian terhadap sahabat bentuk kesesatan, maksiat, dan berdosa, tapi tak serta-merta keluar dari Islam. Mereka Kita tidak bisa kafirkan mereka.

Bagaimana? Suni dan Syiah adalah sama-sama sayap Islam. Tentu, kita bicarakan Syiah yang moderat, ada Imamiyah, Zaidiyyah, yang memiliki kedekatan dengan Suni, tetapi ada sekte menyimpang dan sesat yang mengangkat isu tasyayyu’ yang mengakui risalah selain untuk Muhammad SAW, mereka itu, seperti saya katakan, menyalahi apa yang konstan dalam agama dan bisa dinyatakan keluar Islam.

Akan tetapi, sesunguhnya, sebagian perbedaan kita dengan saudara Syiah kita, adalah perbedaan nonprinsipil (furu’), kecuali dalam soal imam. Syiah percaya imam sebagai bagian pokok agama, sedangkan kita, Suni soal itu termasuk nonprinsipil. Isu imamah juga tak membuat Syiah serta-merta keluar Islam.

Kitab as-Sayyid Ali al-Amin cukup bagus mendudukkan hakikat imamah tersebut. Yang dimaksud imamah Ali bin Thalib adalah dalam hal spiritualitas dan ketakwaan bukan bermakna kekuasaan fisik. Kekuasaan seperti itu Ali bin Abi Thalib juga tak menginginkannya. Pemikiran ini berupaya mendekatkan antara Suni dan Syiah.”
http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/16/02/23/o2z1rd320-lima-pesan-syekh-alazhar-dari-mui-hingga-rekonsiliasi-sunni-syiah

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: