Iklan

Pembantaian Oleh Pemberontak di Suriah

Saya sering mendapat tulisan tentang kekejaman Pemerintah Suriah terhadap warga Sipil Suriah, misalnya foto Balita yang cuma kepala. Kejam memang.

Namun di sisi lain saya lihat para pemberontak juga sama kejamnya. Mereka juga sering melakukan pemboman dan pembunuhan yang bahkan menewaskan para pejabat tinggi seperti Menteri Pertahanan Suriah. Bahkan ada pemberontak Suriah yang menculik saudara Imam Besar Suriah di Aleppo saat sholat Tarawih di Masjid setelah sebelumnya membunuh anak Imam Besar tersebut.

Patut disayangkan jatuhnya korban di Suriah di antaranya warga sipil, pemberontak, dan juga pasukan pemerintah Suriah.

Dalam Islam sendiri, sebetulnya yang namanya Bughot/Pemberontakan itu diharamkan. Karena akan menimbulkan korban jiwa. Jadi kita berdoa saja agar Suriah bisa kembali damai. Mudah2an senjata ummat Islam bisa digunakan untuk membela ummat Islam yang dibantai dan dizalimi oleh Israel di Palestina serta di Afghanistan dan Iraq oleh Amerika Serikat.

Jumlah korban dari pihak pemerintah Suriah (Tentara dan Milisi) justru lebih banyak daripada Pemberontak Suriah. Jadi keliru kalau kita mengira para pemberontak Suriah itu tidak pernah membunuh. Justru mereka membunuh lebih banyak. Ada pun korban sipil dibunuh oleh tentara Suriah dan juga pemberontak karena mereka berperang di pemukiman dan gedung2 sipil.

Ini berita dari PEMBERONTAK SURIAH. jadi bisa bias:

Rami Abdulrahman, ketua Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia: Total 82 ribu orang tewas.

Di sisi loyalis (Pemerintah Suriah), 16.729 tentara dan 12.000 milisi serta informan telah tewas. Laporan itu mengatakan, nasib sekitar 2.500 tentara loyalis yang diyakini ditahan oleh pemberontak tidak diketahui. Artinya 21.000 lebih tentara Suriah tewas.

12.916 pejuang anti-Bashar lainnya juga tewas, bersama dengan 1.924 tentara pembelot. Artinya Kurang dari 15.000 yang tewas.

Korban: 21.000 Tentara Suriah > 15.000 Pemberontak Suriah

http://www.antaranews.com/berita/374350/korban-perang-suriah-jadi-82000

Dari Wikipedia per 21 Mei 2013:

Casualties and losses
Syrian government16,729 soldiers and policemen killed[34]
1,000 government officials killed[35]
2,500 government forces and supporters captured[34]
Iran and Hezbollah
800 killed[36]
PFLP–GC
14+ killed[37][38]
16,687 fighters killed*[34]979 protesters killed[39]
10,000[34]–38,005[40] fighters and opposition supporters captured

Korban: 22.000 Tentara Suriah > 18.000 Pemberontak Suriah

Korban Suriah

http://en.wikipedia.org/wiki/Syrian_civil_war

Korban Tewas Akibat Ledakan Bom Damaskus Menjadi 53 Orang

Posted by  on February 22, 2013 in BeritaLuar Negeri | 1 Comment

 

bom mobil

Damaskus-HASMI.org| Korban yang tewas dalam ledakan bom mobil di Damaskus, Suriah, masih terus bertambah. Sedikitnya 53 nyawa telah melayang dalam insiden yang terjadi di pusat kota Damaskus ini.

Sedangkan korban yang terluka dalam insiden ini mencapai lebih dari 200 orang. Ledakan yang dilaporkan berkekuatan tinggi ini terjadi di salah satu ruas jalanan di ibukota Damaskus yang memang ramai.

Televisi nasional Suriah melaporkan, ledakan ini terjadi dekat dengan kantor partai Baath Party dan juga dekat gedung kedutaan besar Rusia di Damaskus.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Jumat (22/2/2013), media setempat menyebut ledakan ini dipicu oleh bom bunuh diri yang dilakukan oleh kelompok yang menentang Presiden Bashar al-Assad.

Tayangan televisi setempat menunjukkan sejumlah jasad manusia yang tergeletak di jalanan dalam kondisi hangus. Sejumlah kendaraan yang berada di lokasi kejadian juga tampak hangus akibat ledakan itu.

Pemerintah Suriah sendiri, menuding serangan bom ini dilakukan oleh kelompok bersenjata yang masih terkait dengan jaringan Al-Qaeda. Kelompok yang sama juga diyakini bertanggung jawab atas serangkaian serangan bom yang melanda Damaskus dalam beberapa minggu terakhir ini.

“Diduga keras dilakukan oleh kelompok teroris bersenjata yang masih terkait dengan Al-Qaeda yang menerima bantuan finansial dan logistik dari luar negeri,” demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Suriah.

Secara terpisah, ledakan bom mobil lainnya juga terjadi di dekat sebuah sekolah dan klinik kesehatan di Damaskus. Di antara korban yang tewas terdapat anak-anak. Sehingga membuat aparat keamanan menutup jalan-jalan di sekitar lokasi kejadian.

Ledakan bom di Damaskus ini terjadi pada hari yang sama ketika oposisi Koalisi Nasional Suriah menggelar pertemuannya di Kairo, Mesir, guna membahas kemungkinan solusi politik atas konflik yang sudah melanda Suriah selama dua tahun terakhir ini. (Red-HASMI/detik)

http://www.hasmi.org/korban-tewas-akibat-ledakan-bom-damaskus-menjadi-53-orang/

Bom di Masjid Damaskus Tewaskan 42 Orang

Jum’at, 22 Maret 2013 | 04:56 WIB

Metrotvnews.com, Beirut: Kementerian Kesehatan Suriah mengungkapkan sebuah ledakan di masjid di Ibu kota Suriah, Damaskus, Kamis (21/3) menewaskan sedikitnya 42 orang, termasuk seorang ulama senior propemerintah, dan melukai 84 lainnya.

Televisi negara dan para aktivis antipemerintah sebelumnya melaporkan 15 tewas dalam ledakan itu. Televisi mengatakan satu ledakan bunuh diri teroris menghantam Masjid Iman di pusat Damaskus, termasuk menewaskan imam Masjid Ummayyad Mohammed al-Buti.

Buti, seorang ulama yang ditunjuk pemerintah dicerca oleh gerakan oposisi Suriah. Dia juga menyampaikan kotbah salat Jumat setiap pekan di televisi pemerintah. (Antara)

http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/03/22/7/140405/Bom-di-Masjid-Damaskus-Tewaskan-42-Orang

Ledakan bom dahsyat guncang Damaskus

Terbaru  21 Februari 2013 – 19:05 WIB
DamaskusMedia pemerintah melaporkan “teroris” berada di belakang serangan di Damaskus.

Bom mobil dahsyat meledak di pusat ibukota Suriah, Damaskus, dan dilaporkan menewaskan sedikitnya 30 orang serta melukai puluhan orang.

Polisi dan para saksi mata mengatakan ledakan pada Kamis (21/02) dipastikan berasal dari bom mobil.

Bom meledak di kawasan Mazraa, tidak jauh dari kantor markas partai Baath dan Kedutaan Besar Rusia.

“Ledakan dahsyat. Seluruh isi toko terbalik,” kata seorang pemilik toko.

Ia menuturkan tiga karyawan toko mengalami luka-luka akibat serpihan kaca tetapi seorang anak perempuan yang lewat tewas terkena serpihan di bagian perut dan kepala.

Televisi pemerintah Suriah menayangkan gambar tubuh-tubuh tak bernyawa dan sejumlah mobil yang hancur.

Dua ledakan lain

Menurut media pemerintah, bom mobil meledak di dekat sekolah dan klinik kesehatan. Di antara korban tewas terdapat anak-anak.

Aparat keamanan menutup jalan-jalan di sekitar lokasi kejadian.

Organisasi Pemantau Hak Asasi Manusia Suriah yang berkantor di Inggris mengatakan sedikitnya 31 orang tewas dalam ledakan.

Ledakan bom di Damaskus terjadi pada hari yang sama ketika oposisi Koalisi Nasional Suriah menggelar pertemuan di Kairo guna membahas kemungkinan solusi politik atas konflik yang telah melanda Suriah selama dua tahun terakhir.

Dua ledakan terpisah juga terjadi di pos pemeriksaan di Damaskus.

http://www.bbc.co.uk/indonesia/dunia/2013/02/130221_suriah_damaskus_bom.shtml

Pemerintah Suriah mulai kehilangan kendali
BBCIndonesia.com – detikNews

Tiga tokoh kunci pemerintah Suriah tewas akibat serangan bom di Damaskus.

Gedung Putih menilai pembunuhan tiga tokoh kunci pertahanan dan keamanan Suriah menunjukkan Presiden Bashar al-Assad mulai kehilangan kendali atas negerinya.

“Saya kira insiden ini menunjukkan Assad mulai kehilangan kendali,” kata juru bicara Gedung Putih Jay Carner kepada wartawan.

“Dan seluruh mitra internasional kini harus bersama-sama mendukung terjadinya sebuah transisi,” tambah Carner.

Ipar presiden, menteri pertahanan dan kepala tim krisis Assad tewas dalam serangan bom bunuh diri saat tengah menggelar rapat di markas besar keamanan negara.

Kelompok oposisi mengklaim bom sudah dipasang di lokasi sehari sebelum pertemuan itu berlangsung. Ini menunjukkan tanda-tanda keruntuhan pemerintahan Assad.

Sementara itu, Angkatan Bersenjata Suriah bersumpah akan menyingkirkan dan membasmi kelompok kriminal dan geng pembunuh dari negeri itu.

Serangan bom itu merupakan puncak dari pertempuran antara pemberontak dan pasukan pemerintah yang terjadi di sekitar Damaskus dalam beberapa hari terahir ini.

Selain menewaskan tiga tokoh kunci Suriah, ledakan itu juga mengakibatkan dua pejabat senior Menteri Dalam Negeri Ibrahim al-Shaar dan Kepala Biro Keamanan Nasional Hisham Ikhtar terluka.
http://news.detik.com/read/2012/07/19/101930/1969255/934/pemerintah-suriah-mulai-kehilangan-kendali

Bom Meledak Pada Upacara Pemakaman di Damaskus, 20 Orang Tewas
Views: 57 Komentar: 0

WartaNews, Damaskus – Televisi pemerintah Suriah mengatakan sebuah bom mobil meledak dalam sebuah prosesi pemakaman dua orang yang tewas sehari sebelumnya dan ledakan terpisah terjadi di pinggiran kota Jaramana dari Damaskus, Selasa (28/8).

Mereka mengatakan jumlah pelayat yang tewas masih dirahasiakan, tetapi saksi mengatakan bahwa jumlah korban tewas mencapai 20 orang.

Ledakan itu juga terjadi di pintu gerbang pemakaman disaat para pelayat yang masuk.

Saksi juga mengatakan bahwa ambulans bergegas ke tempat kejadian untuk membawa korban yang tewas dan terluka.

Disebutkan pula saat kejadian bahwa orang-orang berlarian panik, termasuk beberapa yang terluka terlihat berlari tunggang langgang ke segala arah.

“Ini pembantaian,” kata seorang saksi kepada wartawan.

Pada Senin malam, dua pemuda tewas dalam reaksi cepat ketika mobil mereka meledak karena dipasangi alat peledak oleh teroris.

Pemboman yang sama terjadi Selasa pagi (28/8) dengan satu lagi pelaku yang menabrakkan sebuah mobil milik seorang kapten militer, tetapi itu hanya menyebabkan luka. (*/fok)

http://www.wartanews.com/timur-tengah/d2e833e2-e35f-4b57-8571-71bdf902dafe/bom-meledak-pada-upacara-pemakaman-di-damaskus-20-orang-tewas

Bom mobil di Damaskus tewaskan 12 orang

Dua belas orang dikatakan tewas karena bom mobil saat menghadiri pemakaman di kawasan Jaraman, Damaskus, demikian laporan TV milik pemerintah Suriah.

Saksi mata juga melaporkan banyaknya korban luka-luka dengan pemerintah menyebut angka 48.

Menurut sebuah organisasi oposisi Suriah yang berpusat di London, pemakamannya sendiri dilakukan untuk dua orang pendukung President Bashar al-Assad.
Kedua pendukung Presiden Assad itu tewas sehari sebelumnya, Senin (27/08) karena serangan bom mobil serupa.
Saksi mata menyebut bom meledak di gerbang pemakaman khusus warga Druze, tempat pemakaman dilakukan.
Jumlah pengungsi
Kantor berita Suriah, Sana, menyebut penggunaan taksi untuk membawa bom yang diledakkan.
Gambar yang diterbitkan Sana memperlihatkan kendaraan yang hancur dan bangunan sekitar yang luluh lantak.
Kejadian terakhir ini hampir dipastikan akan semakin mendorong warga untuk mengungsi keluar dari Suriah.
PBB sudah memperingatkan bahwa sedikitnya 200.000 orang akan mengungsi ke Turki untuk menghindari pertumpahan darah di Suriah itu.
Jumlah ini dua kali lipat dari kemampuan Turki untuk menyediakan tempat pengungsian yang layak.
Badan pengungsi PBB (UNHCR) melaporkan setiap harinya sekitar 5.000 orang menyeberang perbatasan Turki-Suriah, naik sangat tajam dibanding awal bulan lalu yang hanya sekitar 500 setiap harinya
Para pengungsi yang baru datang di Kilis, di perbatasan Turki-Suriah, mengatakan gelombang pengungsi yang lebih besar ada di belakang mereka.

http://www.bbc.co.uk/indonesia/dunia/2012/08/120828_suriah_carbomb.shtml

Duh, Saudara Imam Besar Suriah di Aleppo Diculik

Rabu, 01 Agustus 2012

DAMASKUS–MICOM: Konflik berkepanjangan di Suriah terus memakan korban orang-orang yang tidak terkait langsung.

Kejadian pada Selasa (31/7) malam lalu misalnya. Beberapa pria bersenjata dikabarkan menculik Sheikh Mahmoud Hassoun, saudara laki-laki Imam Besar Badruddien Hassoun.

Mahmoud Hassoun diculik saat Shalat Tarawih di Masjid Osama bin Zaed di Aleppo dan dibawa ke tempat yang tak diketahui.

Mufti Suriah itu dilaporkan menjadi sasaran akibat sikapnya yang mendukung pemerintah Presiden Bashar al-Assad.

Sebelumnya, ia juga kehilangan putranya –yang juga dibunuh oleh kelompok bersenjata di Aleppo.

Dua hari sebelumnya, seorang Imam lain, Abdul-Latif ash-Shami, diculik dari satu masjid di Aleppo dan belakangan ditemukan terbunuh, demikian dikutip Xinhua, Rabu (1/8).

Beberapa kejadian belum lama ini menunjukkan krisis di Suriah telah mengarah pada perang saudara.

Aleppo, kota terbesar dan Ibu Kota Komersial Suriah, saat ini telah medan tempur antara kelompok gerilyawan bersenjata dan militer pemerintah. (Ant/Rtr/OL-8)

http://www.mediaindonesia.com/read/2012/08/08/337364/39/6/Duh-Saudara-Imam-Besar-Suriah-di-Aleppo-Diculik-

http://berita.liputan6.com/read/426252/saudara-imam-besar-suriah-diculik-di-masjid

http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/12/08/01/m823wg-saudara-imam-besar-suriah-diculik-saat-shalat-tarawih

Banyak teman2 FB menulis kekejaman Pemerintah Suriah. Namun tidak menyinggung sedikit pun kekejaman para pemberontak bersenjata Wahabi di Suriah.
Ini agar sedikit berimbang. Tidak jauh beda dgn pemberontak PKI dulu di Indonesia :
http://id.berita.yahoo.com/jenderal-angkatan-udara-suriah-dibunuh-di-damaskus-015810001.html
http://jaringnews.com/internasional/timur-tengah/19979/pemberontak-suriah-lakukan-kejahatan-perang
http://www.radioaustralia.net.au/indonesian/2012-08-14/kehebohan-terkait-rekaman-kekejaman-pemberontak-suriah/998794
http://www.kloneng.com/baca/www.radioaustralia.net.au/kehebohan-terkait-rekaman-kekejaman-pemberontak-suriah.html
https://kabarislam.wordpress.com/2012/08/31/pembantaian-oleh-pemberontak-di-suriah/

Pemberontak Wahabi Abu Sakkar memakan jantung manusia… 

Detik.com:

“Saya bersumpah, kami akan memakan jantung dan hati kalian…,” ujar pria tersebut merujuk pada tentara Suriah. Pria itu diidentifikasi sebagai Abu Sakkar, yang merupakan pendiri kelompok militan Farouq Brigade.Dalam versi tanpa sensor, terlihat dalam video bahwa Sakkar memerintahkan anak buahnya untuk membunuh tentara Suriah yang mereka temui dan kemudian memakan jantungnya mentah-mentah.

http://news.detik.com/read/2013/05/15/133738/2246506/1148/makan-jantung-tentara-suriah-pemberontak-akan-dihukum-berat?9911012

Sebelumnya Wahabi tidak mau mengaku dan menyalahkan tentara Suriah. Tapi karena foto dan video mukanya begitu jelas, maka Wartawan Time pun bisa menemukan dan mewawancarainya. Setelah ketahuan, baru “AKAN” menghukum berat. Kok tidak mengaku saja dari awal?

Inilah Sunnah ABU JAHAL yg diikuti Abu Sakkar…

Pemberontak Wahabi Kanibal

Ini komentar Jhonny Bravo yg mengupload video:

Rebel Eats Heart of Syrian Soldier.

Jhonny Bravo

Published on May 13, 2013

The man in the video is known as Khalid al-Hamad or Abu Sakkar and he is the commander of Baba Amr brigade in Homs, the brigade is part of the Farouq brigades.

They proclaim “ALLAHAKBA” and eat human organs, yet they wouldnt eat pork.

—-

http://www.youtube.com/watch?v=RFfnxK-YGGQ&feature=youtu.be

https://kabarislam.wordpress.com/2013/05/15/video-pemberontak-wahabi-makan-daging-manusia/

Pemberontak Wahabi Penggal Ulama Aswaja

Ulama Aswaja Syekh Al Buthi yang difitnah Wahabi sbg pendukung Rezim Assad yang kafir sudah wafat meninggal di bom pemberontak Wahabi di masjid. Beliau tewas bersama 49 jema’ah masjid lainnya.

Pemberontak Suriah Bunuh Ulama di Aleppo

Minggu, 31 Maret 2013, 07:51 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, BEIRUT — Pasukan pemberontak Suriah menewaskan seorang ulama Sunni pro-rezim di kota Aleppo, dengan beberapa laporan menyatakan ia dipenggal, dan kemudian jenazahnya diseret di sepanjang jalan, kata satu kelompok pengawas pada Sabtu.
Sheikh Hassan Seifeddin, imam sebuah masjid di lingkungan Sheikh Maqsud, Aleppo utara, “dibunuh Jumat malam para pejuang pemberontak di sebelah timur wilayah itu dan tubuhnya diseret melewati jalan-jalan,” kata Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia.
Kantor berita Suriah SANA melaporkan Seifeddin “dibunuh teroris yang memutilasi tubuhnya setelah itu,” sementara itu stasiun televisi resmi Al-Ikhbariya mengatakan ia telah “disembelih” dan dipenggal.
“Para ulama Aleppo mengutuk kejahatan keji yang dilakukan musuh-musuh umat manusia yang membunuh Sheikh Hassan Seifeddin dan meletakkan kepalanya di menara Masjid Al-Hassan di Sheikh Maqsud,” laporan stasiun televisi itu.
Sheikh Maqsud adalah lingkungan perumahan dengan mayoritas Kurdi di Kabupaten Aleppo, dan pertempuran sengit antara pemberontak dan pasukan rezim telah berkecamuk di sana sejak Jumat di wilayah timur di mana banyak warga Sunni non-Kurdi tinggal.
Para ulama menyerukan kepada tentara Suriah untuk “membebaskan Suriah dari kejahatan tentara bayaran dengan ide-ide kolot,” dalam referensi yang jelas tertyhy pada kelompok jihad garis keras di antara oposisi bersenjata.
Satu serangan bom bunuh diri pada 22 Maret di satu masjid Damaskus pusat diklaim telah dilakukan oleh pemberontak menewaskan 42 orang, termasuk tokoh menonjol ulama Sunni pro rezim.
Observatory mengatakan 31 orang telah tewas di Sheikh Maqsud dalam 24 jam, termasuk 10 warga sipil, 14 orang bersenjata pro-rezim dan tujuh pemberontak.
Setidaknya 157 orang tewas di seluruh Suriah pada Jumat, menurut kelompok pengawas itu yang mengumpulkan informasi dari jaringan aktivis dan petugas medis di lapangan.
Redaktur : Djibril Muhammad
Sumber : Antara/ AFP

http://www.republika.co.id/berita/internasional/timur-tengah/13/03/31/mki1i8-pemberontak-suriah-bunuh-ulama-di-aleppo

Minggu, 31 Maret 2013 01:05 WIB

Pemberontak Suriah Penggal Kepala Ulama & Digantung di Menara Masjid

WartaNews, Aleppo – Seorang ulama Muslim telah dipenggal secara brutal di kota utara Suriah Aleppo oleh pemberontak yang didukung asing, yang terkenal dengan kekejaman mereka.

Para pemberontak dilaporkan memenggal Sheikh Hasan Saif al-Deen sebelum menyeret tubuh tak bernyawa itu di jalanan.

Mereka juga menggantung kepala syekh di puncak menara dari masjid di mana ia gunakan untuk berkhotbah.

Media setempat menyalahkan pembunuhan mengerikan kepada jaringan kelompok al-Qaeda, Front al-Nusra.

Sheikh Saif al-Deen konon memiliki pandangan anti-militan dan berbicara menentang perang yang sedang berlangsung terhadap pemerintah Suriah.

Dia adalah ulama terbaru yang telah dibunuh oleh kelompok bersenjata di Suriah dalam beberapa bulan terakhir.

Awal bulan ini, tokoh akademisi Muslim Sheikh Mohammed Saeed al-Bouti Ramadhan dibunuh bersama dengan 49 orang lain di sebuah masjid di ibukota, Damaskus.

Suriah telah mengalami kerusuhan sejak Maret 2011, dan banyak orang, termasuk sejumlah besar tentara Suriah dan aparat keamanan, telah tewas dalam kekerasan itu.

Beberapa organisasi hak asasi manusia internasional telah menuduh pemberontak yang disponsori asing melakukan kejahatan perang. (*/rok)

http://www.wartanews.com/timur-tengah/6bfaa015-7317-1bd1-10f5-441973443827/pemberontak-suriah-penggal-kepala-ulama-digantung-di-menara-masjid

Israel Bom Damaskus, Puluhan Tentara SuriahTewas

TEMPO.CODamaskus – Gempuran udara Israel ke sejumlah fasilitas militer dekat Damaskus, Ahad, 5 Mei 2013, menewaskan puluhan pasukan elite Suriah yang berada di dekat Istana Presiden. Keterangan tersebut disampaikan oleh pejabat tinggi militer Suriah seperti dikutip New York Times,Senin, 6 Mei 2013.

http://www.tempo.co/read/news/2013/05/06/115478307/Israel-Bom-Damaskus-Puluhan-Tentara-SuriahTewas

Iklan

2 Tanggapan

  1. Reblogged this on Al-Khalafiyah.

  2. setelah saya amati ,ternyata memang berita mengenai suriah banyak sekali bohongnya.. tergantung versinya , kalau versi pendukung oposisi(pemberontak) bisa di lihat dari al-arabiya (saudi), al-jazeera(qatar) , CNN,reuter (pokoknya semua yang berkomplot dengan Israel) … kalau versi pendukung Basar all assad bisa di temui situs-situs dari suruah ,iran,irak dan negara2 yang suka melawan israel membela Palestina termasuk rusia dan china….. sekarang tinggal kita memilih…
    Jadi sebelum meluapkan nafsu sebaiknya di teliti dulu.. fikir dengan jernih… abaikan perbedaan golongan dalam islam , islam harus di bela… sebenarnya siapa yang mengacaukan … tarik kebelakang akar permasalahannya….

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: